Keyakizaka46 VII Senbatsu : What if Earth Orbit Changed?

Iklim sebagai salah satu contohnya. Orbit Bumi pada matahari hampir lingkaran sempurna dengan jarak rata-rata sekitar 149.6 juta km. Posisi ini sempurna sebagai habitable zone, atau goldilocks zone,

tidak terlalu panas atau dingin dan membuat faktor pembentuk kehidupan bisa terbentuk sempurna.

Kalau Bumi sedikit saja lebih dekat ke matahari, temperatur Bumi akan naik drastis, efek rumah kaca akan menggila, lautan akan menguap. Ini adalah yang terjadi pada Venus. Kalau lebih jauh sedikit saja, snowball earth akan terjadi dengan skala abadi.

Kalau orbit Bumi lebih elips, perbedaan musim akan menjadi lebih drastis akibat jarak dengan matahari yang bervariasi. Sebagian besar waktu kita akan lebih jauh dari matahari, jadi musim dingin yang panjang dan sangat dingin akan diselingi dengan musim panas yang sangat panas dan sebentar.

Lebih elips lagi, maka Bumi tidak akan menghangat saat menjauh dari matahari. Dengan kata lain membeku permanen. Kehidupan tidak akan ada di level ini.

Itu dari segi enviromental, sisi lain yang akan terpengaruh jika orbit Bumi lebih dekat pada matahari antara lain gravitasi yang berubah, efeknya bisa membuat hari semakin panjang dan tahun semakin pendek. Hukum Kepler kedua berlaku.

Lalu cahaya matahari. Jika jaraknya lebih jauh, mereka lebih dingin. Temperatur Bumi akan terpengaruh, tapi bukan cuma itu. Angin, laut, vegetasi, hewan, manusia, semua terpengaruh. Apalagi banyak spesies akan punah jika tidak sanggup beradaptasi.

Bahkan es di kedua kutub akan mencair karena naiknya suhu global. Bahkan menguap sehingga kekeringan akan melanda sebagian besar permukaan Bumi. Jadi, jika orbit Bumi lebih dekat atau lebih jauh sedikit saja dari Matahari, maka kehidupan seperti yang kita tahu akan berubah total.


Gambaran tentang orbit Bumi diatas menjelaskan kalau ada sesuatu yang tidak bisa dirubah karena efeknya akan sangat buruk. Zona nyaman, goldilocks, habitable zone, apapun itu, jika dirubah maka semua yang kita tahu tentangnya akan berubah total.



Nah, kali ini membahas grup yang keluar dari “zona nyaman”, yaitu Keyakizaka46. Seperti diketahui kali ini, untuk 7th single ada perubahan dari segi susunan senbatsu yang selama ini staple 21-nin berubah menjadi 18-nin. Kejutan. Apa ini April Mop?

Sayangnya (?) tidak. Perubahan drastis dalam susunan senbatsu (?) Keyaki terjadi untuk pertama kalinya sejak debut. Jumlahnya berkurang dari “bonds of 21” menjadi “bonds of 18” dan ini terjadi karena berbagai faktor. Pertama kita lihat dulu siapa yang absen dari 7th single ini.

Pertama, Aoi yang absen dengan alasan pendidikan. Dia tidak ikut dalam aktivitas Keyaki sejak bulan Mei 2018, dan memang tidak mengejutkan dia absen. Kedua, ada Zuumin yang absen setelah kondisi kesehatannya menurun lagi beberapa hari sebelum pengumuman 18-nin ini.

-Yeah sure, dia sedang sakit dan secara kebetulan mendapat peran dalam drama- Well, I don’t give a f*ck about that, kondisi sebenarnya atau kebetulan, bagiku, melihat teori konspirasi tentang Keyaki sudah sampai level aku-tidak-peduli-lagi jadi terserahlah.

Yang pasti, Zuumin memang tidak ikut di senbatsu(?) kali ini. Titik. Untungnya bagi kalian fans Zuumin atau tidak, dia masih ikut di single ini dengan lagu solo. Member ketiga yang absen adalah Mona. Oh well, give me all stupid reasons why she won’t featuring this time.



Whatever. Aku tidak peduli apa dan bagaimana, atau kenapa tiga member absen di Ambivalent. Karena itu toh bukan sesuatu yang baru atau mengejutkan. Biasa saja. Nah, bagaimana dengan susunan senbatsu (?) kali ini?

Juga tidak ada yang menarik. Karena tidak ada Fukujin, jadi dinamika Keyaki memang lebih bagus. Selain karena memang merata, toh juga tidak akan banyak kelihatan bedanya. Tell me, MV atau lagu Keyaki mana yang bisa membuat member bersinar secara individu?

Akan selalu ada jawaban yang menyangkut Tecchi. Here we go again, going round and round and round endlessly. Seriously, what kind of fans are you going into?

Keputusan untuk merubah susunan senbatsu (?) kali ini memang didasarkan karena hal dibalik layar. Tapi perubahan orbit ini secara keseluruhan tidak akan membawa dampak besar bagi Keyaki. Lalu kenapa intronya tentang efek perubahan orbit Bumi yang berarti bencana?

Bencana bagi pemuja kesempurnaan. That’s it. Bayang-bayang bonds of 21 akan membuat 18 menjadi angka sial. Sejauh ini sih aku tidak melihat yang terlalu ekstrim ya, tapi selalu saja yang model begini itu ada.
Well, bukan itu intinya. Melainkan angin perubahan memang perlu diadakan di Kanji. Selama ini itu menjadi target utama bagi mayoritas karena selalu berkata Kanji membosankan bukan? Well, bagiku sih, ini sama sekali bukan langkah besar juga.

Hanya menyesuaikan dengan keadaan grup. Lagipula, perubahannya tidak sebesar itu. Member hiatus tidak bepengaruh di Keyaki, Tecchi saja absen selama beberapa bulan dan justru itu malah dianggap kesempatan bagi member lain.



Akhir kata, apapun yang terjadi di Keyaki, adalah sesuatu yang…..well, tergantung bagaimana kalian menyikapinya. Mau rempong atau cool saja, terserah.

Untukku, perubahan orbit ini tidak akan membawa catasthrope pada Keyaki. Hanya sedikit perbedaan dari biasa yang tidak berpengaruh, karena toh aku akan lebih fokus pada lagu, MV dan performance ketimbang mengurusi drama di belakang layar.

0 Response to "Keyakizaka46 VII Senbatsu : What if Earth Orbit Changed?"

Posting Komentar